Tips Memilih Ikan yang Segar

Tips Memilih Ikan yang Segar
Tips Memilih Ikan yang Segar. Ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi, inilah yang menyebabkan ikan merupakan salah satu makanan yang baik untuk di konsumsi. Dengan memiliki kandungan gizi yang tinggi, maka ikan akan mudah membusuk dan cepat rusak.

Untuk keperluan memasak diperlukan ikan yang benar-benar segar, disamping rasanya akan lebih lezat, kandungan gizinya pun lebih baik. Namun masih banyak ibu-ibu atau para pembeli ikan yang belum bisa memilih ikan yang segar, terutama ikan yang sudah mati. Maka dari itu kami kesehatan96.blogspot.com memberikan Tips Memilih Ikan yang Segar wajib untuk di baca sebelum pergi ke pasar untuk membeli ikan nantinya.

Ciri-ciri ikan segar adalah sebagai berikut :
  1. Warna kulit terang dan cerah
  2. Daging ikan bila ditekan terasa keras
  3. Mata jernih menonjol dan cembung
  4. Sisik ikan segar masih kuat melekat kuat dan mengkilat, sisik masih utuh tidak banyak yang lepas
  5. Insang berwarna merah
  6. Sirip kuat
  7. Kulit dan daging ikan tidak mudah robek, terutama pada bagian perut. Dan tidak berbau busuk.
     
Tanda ikan yang sudah busuk :
  1. Mata suram dan tenggelam
  2. Sisik suram dan mudah lepas
  3. Warna kulit suram dengan lendir tebal
  4. Insang berwarna kelabu dengan lendir tebal
  5. Dinding perut lembek
  6. Warna keseluruhan suram dan berbau busuk
    
Kandungan Gizi pada ikan :
  1.     Protein
    • Kandungan protein ikan lebih tinggi dari protein serealia dikacang-kacangan, setara dengan daging, sedikit dibawah telur
    • Protein ikan sangat mudah dicerna, sehingga baik bagi balita yang sistem pencernaannya belum sesempuna orang dewasa.
    • Protein ikan mengandung berbagai bentuk yang mendekati asam amino didalam tubuh manusia. Komposisi asam amino protein ikan juga lebih lengkap dibanding bahan makanan lain, salah satunya taurin, sangat bermanfaat merangsang pertumbuhan sel otak balita.
       
  2. Lemak
    • Asam lemak ikan merupakan asam lemak essensial yang sifatnya tidak jenuh. Sehingga sangat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan menjaga kestabilan kadar kolesterol.
    • Beberapa ikan yang berasal dari laut dalam, seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel. Mengandung asam lemak yang tergabung dalam kelompok asam lemak omega 3. Paling dominan dari kelompok ini adalah asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA). Keduanya bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak sikecil
       
  3. Vitamin
    • Vitamin A: banyak terdapat pada minyak hati ikan yang bermanfaat untuk mencegah kebutaan pada mata.
    • Vitamin D: selain terdapat dalam daging ikan, juga pada telur serta minyak hati ikan. Vitamin ini penting bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang.
    • Viatamin B6 : embantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf.
    • Vitamin B12 bermanfaat dalam pembentukan sel-sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung dari kerusakan syaraf.
       
  4. Mineral
    • Zat besi: jauh lebih mudah diserap tubuh ketimbang dari sumber lain seperti serealia atau kacang-kacangan. Zat besi membantu mencegah terjadinya anemia.
    • Yodium: mencegah terjadinya penyakit gondok serat hambatan pertumbuhan anak, bahkan juga kecerdasannya.
    • Selenium: berperan membantu metabolisme tubuh dan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan bisa mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti jantung koroner.
    • Seng: membantu kerja enzim dan hormone.
    • Fluor: menguatkan serta menyehatkan gigi skecil.

Jadi, tidak salah lagi ikan adalah menu sehari-hari yang wajib untuk di hidangkan. Tapi, anda harus tetap ingat untuk selalu memilih ikan yang segar, dengan Tips Memilih Ikan yang Segar di atas. Baca juga artikel lainnya Cara Menghilangkan Varises

Berlangganan untuk email update gratis: