Macam-macam Penyakit pada Mulut

Macam-macam Penyakit pada Mulut
Macam-macam Penyakit pada Mulut. Mulut adalah alat utama atau tempat utama penerima makanan, dimana makanan di masukan, di seting, di analisis, sehingga masuk ke organ-organ yang lainnya.

Tapi, apakah kalian tau apakah mulut punya penyakit sedikit atau segudang masalah? Setelah banyak para peneliti membuktikan, ternyata mulut yang kita anggap selama ini hanya rongga kecil yang berguna mengunyah makanan mempunyai masalah atau penyakit yang bermacam-macam banyaknya. Salah satunya Macam-macam Penyakit pada Mulut ada di bawah ini:


Macam-macam Penyakit pada Mulut

  • Bau mulut
    Penyakit yang sering dijumpai adalah bau mulut. Dengan kondisi gigi dan gusi kurang bersih, sariawan, infeksi atau luka pada mulut, mengkonsumsi bawang putih dan bawang merah, merokok, alkohol, dan gigi palsu yang tidak terawat. Maka muncullah penyakit yang namanya Bau mulut ini, adapun cara mengatasi bau mulut baca artikel ini Tips Menghilangkan Bau Mulut
     
  • Sariawan
    Penyakit sariawan yang  sering terjadi pada orang dewasa atau bayi disebabkan oleh jamur candida. Tetapi sistem kekebalan yang lemah, antibiotik, diabetes atau obat tertentu seperti kortikosteroid inhalasi dapat memberikan kandida kesempatan untuk tumbuh liar. Menyeka patch akan menyebabkan rasa sakit. Sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosis.
     
  • Radang Mulut
    Radang mulut disebabkan infeksi jamur dan pengobatannya biasanya menggunakan tablet hisap antifungal. Penyakit radang mulut memiliki ciri yaitu lidah berwarna pucat dan terdapat bercak kuning keputihan yang bisa dikeruk dengan mudah. Rasa perih terasa pada bercak tersebut jika terkena makanan atau saat menyikat gigi.
     
  • Glossitis
    Mungkin terdengar asing penyakit mulut satu ini, penyakit ini membuat lidah terasa sakit karena adanya rekahan. Kondisi ini terjadi akibat jaringan pelindung di permukaan lidah tidak terbentuk secara sempurna. Untuk pengobatannya harus diketahui dahulu apa penyebabnya, bisa karena anemia atau kekurangan vitamin tertentu.
     
  • Luka Busuk
    Sampai saat ini belum ada yang mengetahui penyebabkan penyakit yang menyakitkan dalam mulut anda ini. Pemicu termasuk hipersensitivitas, infeksi, hormon, stres, dan tidak mendapatkan beberapa vitamin yang cukup. Juga disebut borok aphthous, sariawan yang bisa muncul di lidah, pipi, bahkan gusi Anda. Mereka biasanya bertahan atau dua minggu. Persistent, sariawan yang parah dapat diobati dengan krim mati rasa, obat-obatan resep, atau laser gigi.
     
  • Bibir dan Mulut Perih
    Waspadai penyakit syphilis yang tertular akibat oral seks yang bisa menyebabkan mulut terasa perih. Keluhan perih ini biasanya akan hilang setelah beberapa hari. Namun jika terasa perih lebih dari 3 minggu, bisa saja pertanda adanya kanker.
     
  • Infeksi Gusi
    Peningkatan peradangan menyebabkan gusi menyusut, membentuk kantong diantara gigi dan gusi. Ini perangkap kantong karang gigi, plak, dan sisa-sisa makanan yang pada akhirnya menyebabkan infeksi dan abses. Penyakit gusi lanjut merusak tulang yang mendukung gigi dan merupakan salah satu penyebab utama hilangnya gigi pada orang dewasa. Temui dokter gigi untuk mengobati gusi surut.
      
  • Infeksi Virus Herpes Simpleks
    Penyakit ini memiliki gejala adanya titik-titik berwarna kuning pucat di lidah, suhu tubuh tinggi hingga 38 derajat celcius atau lebih, terkadang muncul rasa nyeri hingga perit di sekitar bibir, diawali dengan lepuh selesma atau lepuhan yang sangat sakit. Jika Anda memiliki daya tahan tubuh bagus, gejala ini akan hilang dalam beberapa hari.
     
  • Coxsackle Virus
    Penyakit yang satu ini biasanya lebih suka menyerang anak-anak. Selain pada mulut, titik-titik merah yang disebabkan virus ini bisa menyerang pada tangan dan kaki, terkadang bisa diiringi demam dan mengigil. Penyakit ini biasa juga disebut sindrom tangan, kaki, dan mulut. Mengingat virus ini menular maka anak harus diisolasi dari teman-teman bermainnya. Berikan anak makanan tinggi protein dan istirahat cukup agar daya tahan tubuh meningkat.
Jadi, sekarang pastinya anda sudah tau Macam-macam Penyakit pada Mulut anda. Untuk itu dari sekarang jangan menyepelekan perawatan mulut yang baik. Karena lebih baik mencegah dari pada mengobati..

Kami akan memberikan anda TIPS KESEHATAN dan KECANTIKAN secara EKSKLUSIF dan GRATISS!!!

Masukkan Email Anda di Bawah Ini