Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan
Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan. Kuman dan jamur adalah penyebab utama munculnya gatal-gatal pada bagian tubuh, termasuk pada bagian selangkangan. Tempat yang sering ditempati jamur adalah dibagian lipatan, jari-jari tangan atau pada bagian lainnya yang juga bisa terkena jamur.

Penyebab Gatal di Selangkangan 
Banyak penyebab timbulnya gatal-gatal diselangkangan atau lipatan bagian dalam paha. Disamping karena jamur, bisa juga disebabkan karena alergi makanan yang dikonsumsi, misalnya dari ikan tongkol, telur, udang, ikan asin dan sebagainya.

Tak terlepas dari dari berbagai penyebab di atas tadi, gatal-gatal bisa menyerang karena kondisi fisik atau bagian tubuh yang kurang terjaga dari kebersihan. Hal demikian disebabkan banyak hal, misalnya karena debu, air dan sebagainya. Namun yang paling umum karena kondisi pada selangkangan yang selalu lembab sehingga membuat jamur dapat berkembang dengan leluasa.

Selain itu, menjaga kondisi fisik tetap bersih dan sehat, adalah salah satu cara untuk mencegah timbulnya gatal-gatal pada selangkangan maupun daerah lain pada tubuh. Daya tahan tubuh yang lemah memudahkan penyeakit menyerang termasuk jamur atau bakteri penyebab gatal.

Cara Mencegah dan Menyembuhkan Gatal Diselangkangan
Jika sudah teranjur terkena gatal memang agak sedikit sulit cara penanganannya, meski tidak berarti tidak bisa disembuhkkan. Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda coba:
  1. Selain dengan obat berbahan kimia, cobalah memanfaatkan obat tradisional seperti asam gelugur dan asam kendis untuk mengatasi pertumbuhan jamur pada selangkangan anda.
  2. Jangan menggunakan celana ketat atau sempit, karena hanya membuat kulit pada lipatan paha anda panas dan mengeluarkan banyak keringat.
  3. Cara lain untuk mengatasi pertumbuhan jamur pada selangkangan paha dengan menggosokkan daun sirih pada permukaan kulit yang gatal, anda juga dapat mengekstrak daun sirih sebagai bahan bilas pada lipatan kulit anda.
  4. Mandi minimal 2 kali sehari dengan menggunakan sabun antiseptik untuk memerangi pertumbuhan bakteri ataupun jamur pada selangkangan.
  5. Perhatikan selama proses penyembuhan, gunakan celana dalam yang mudah menyerap keringat agar kulit pada pangkal paha tidak lembab.
  6. Gunakan pakaian bersih dan selalu mengganti pakaian dalam terutama jika pakaian tersebut dalam keadaan lembab akibat keringat.
  7. Menjaga kebersihan kulit terutama pada selangkangan paha dan daerah lipatan kulit lainnya.
  8. Menjaga nutrisi makanan untuk meningkatkan imun tubuh agar mampu melawan segala mikroorganisme yang dapat merusak kesehatan kulit kita.
  9. Hindari makanan atau pantangan yang bisa membuat gatal-gatal pada selangkangan timbul.
Itulah beberapa cara mengatasi gatal di selangkangan bisa anda lakukan jika gatal-gatal sudah terlanjur menyerang, pastikan mencegah makanan tertentu yang sekiranya bisa menjadi menjadi penyebab timbulnya gatal-gatal terutama selama dalam proses pengobatan. Baca juga masalah serta pengatasan penyakit kulit lainnya di Masalah Kulit.

Berlangganan untuk email update gratis: