Cara Mengatasi Bayi Cegukan dengan Mudah

Cara Mengatasi Bayi Cegukan dengan Mudah
Cara Mengatasi Bayi Cegukan dengan Mudah. Saat bayi cegukan membuat kita terasa kasihan melihatnya. Sebenarnya penyebab tersebut terjadi dikarenakan saat dia menangis dan marah. Sebenarnya untuk menghentikan cegukan pada orang dewasa cukup mudah yaitu cukup menahan napas untuk beberapa saat. Tetapi jika dilakukan pada bayi maka cukup berbahaya.

Cegukan adalah kondisi yang tidak menyenangkan, baik bayi mapun orang dewasa. Jika cegukan dibiarkan saja pada bayi maka akan menyebabkan jadi muntah, batuk-batuk, rewel, bahkan tidak bisa dikendalikan lagi.

Adapun berikut ini kami akan memberikan beberapa tips yang bisa membantu untuk mengatasi cegukan pada bayi.

Cara Mengatasi Bayi Cegukan

Pijat Bagian Belakang
Bayi yang cegukan dapat dihentikan dengan menenangkannya. Menenangkan bayi bisa dengan menggosok-gosok punggung bayi dengan lembut hingga bayinya terasa lebih nyaman dan cegukan hilang.

Berhenti Makan Ketika Cegukan
Jika saat makan dan bayi cegukan, maka berhentilah untuk menyusui. Jika diteruskan maka bayi akan muntah, rewel dan frustasi. Biarkan sampai cegukan berhenti, lalu lanjutkan makannya.

Sendawa
Bersendawa dapat mengeluarkan udara berlebih atau gas pada perut bayi. Dan bersendawapun dapat menghilangkan kejang otot rilis di diafragma dan akhirnya dapat menghentikan cegukan pada bayi.

Dan mungkin anda seorang ibu bertanya-tanya apakah cegukan itu baik dan normalkah tidak? cegukan pada bayi terutama hingga bayi berumur usia 3 bulan itu terjadi memang sering cegukan (hiccups). Cegukan ini terjadi disebabkan matangnya fungsi saraf yang mengatur diafragma si kecil, yakni sekat antara rongga dada dan perut. Sejalan dengan bertambahnya usia, bayi akan semakin jarang mengalami cegukan.

Jadi jika untuk menghentikan cegukan bisa mencoba mengatasi bayi cegukan dengan cara di atas.

Berlangganan untuk email update gratis: