Penyebab dan Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak Berjerawat

Penyebab dan Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak Berjerawat
Penyebab dan Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak Berjerawat. Kulit memproduksi minyak yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari bahaya dari luar seperti polusi dan debu yang akan masuk kedalam pori-pori kulit. Selain itu minyak pada kulit sebagai cairan yang mampu menjaga keremajaan kulit dan menjadikan kulit menjadi kenyal. Namun kelebihan minyak pada kulit, wajah khususnya akan menambah masalah baru bagi kita.

Kelebihan minyak pada kulit wajah atau singkat saja kita sebut wajah berminyak akan menyebabkan kurangnya percaya diri saat tampil di depan umum karena wajah akan terlihat kusam dan menkilap. Wajah berminyak juga akan menangkap udara di sekitar dan mengendapkan debu dan polusi di wajah. Akibatnya pori wajah tertutup dan timbulah jerawat. Wajah berminyak dapat di sebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut:


Penyebab Wajah Berminyak

Makanan yang Berlemak
Kita tau bahwa makanan yang mengandung banyak lemak tidak baik di konsumsi oleh manusia karena akan adanya penimbunan lemak dan menimbulkan penyakit. Masalah minyak berlebih adalah masalah ringan yang di timbulkan akibat mengkonsumsi makanan berlemak lebih.

Hormon tidak Seimbang
Minyak berlebih pada wajah merupakan salah satu tanda seorang anak sudah mulai memasuki masa puberitas. Seorang remaja harus beradaptasi dengan hal-hal baru yang terjadi pada dirinya. Pada orang dewasa khususnya wanita akan memproduksi banyak minyak saat haid. Maka dari itu kegiatan yang kita lakukan sebaiknya dikontrol dengan baik. Asupan makanan yang seimbang dengan kegiatan yang kita lakukan akan mengurangi jumlah minyak yang keluar dari tubuh kita.

Salah Pilih  Kosmetik
Sebagian besar cewek menginjak remaja sudah mulai  berani memakai peralatan kosmetik untuk menunjang penampilannya. Dan itu tidak di permasalahkan. Tapi ada baiknya bagi remaja untuk tidak memakai alat-alat kosmetik yang terbuat dari bahan kimia. Hal itu dapat memproduksi minyak berlebih, iritasi dan membuat wajah lebih sensitive apabila wajah tidak bisa menerima bahan-bahan kimia tersebut. Lakukan percobaan pada bagian tangan sebelum memutuskan memakai salah satu merek kosmetik.

Keturunan
Orang tua tidak hanya mewariskan harta kepada anaknya tetapi juga mewariskan sebagian  sifat genetiknya (pasti). Tidak menutup kemungkinan orang tua yang memiliki keturunan genetik memproduksi minyak akan turun keanaknya. Hal ini tidak bisa di cegah, tapi tetap bisa di atasi.

Jika kita sudah mengetahui letak inti permasalahan, disitu juga kita akan menemukan jalan untuk mengatasi  masalah tersebut. Berikut beberapa solusi merawat wajah berminyak secara alami yang dapat dicoba sebelum memutuskan untuk membeli salah satu merk kosmetik untuk mengatasi wajah beminyak:


Cara Menghilangkan Wajah Berminyak

Mencuci Muka
Menjaga keberihan muka sangatlah penting. Untuk menghindari minyak berlebih cukup mencuci muka dengan sabun 2x sehari (jangan lebih). Kelebihan mencuci muka dengan sabun akan mengikis lapisan kulit wajah dan menjadi bahaya jika terpapar sinar matahari bahkan produksi minyak akan bertambah banyak.

Minum Air Putih
Minum 2 liter sehari akan menjaga metabolisme pada tubuh. Pada saat kegiatan yang ekstra jika tubuh mengandung banyak air, keringat akan lebih sedikit mengadung minyak.

Air Hangat
Handuk kecil di celupkan ke dalam air hangat kukuh yang telah dicampur sedikit garam, usapkan secara berlahan ke wajah. Rasakan sensasi kesejukannya setelah itu. Air hangat akan membuka pori wajah dan garam akan mengangkat kotoran pada wajah.
      
Putih Telur
Gunakan sebagai masker. Caranya pecahkan telur dan pisahkan kuning dan putihnya. Kocok putih telur hingga berbusa. Oleskan ke wajah dan biarkan mengering.  Selanjutnya bersihkan dengan air hangat.

Tomat/Timun/Kentang
Ketiga buah ini dapat digunakan sebelum tidur. Caranya sangat mudah.cuci muka terlebih dahulu. Lalu Iris salah satu dari buah tersebut. Usapkan ke wajah, biarkan kering. Keesokkan harinya usap muka dengan handuk dan air hangat. Setelah itu bilas dengan air dingin untuk menutup kembali pori wajah.

Daun Seledri
Sebagai penyedap makanan, ternyata seledri  juga mampu mengurangi kadar minyak pada wajah. Caranya potong kecil daun seledri, sebelumnya siapkan air dalam panic kecil. Masukkan dua gelas air dan tunggu hingga mendidih. Masukkan seledri yang telah dipotong kecil. Rebus selama 15-20 menit. Angakat dan dinginkan. oleskan pada wajah secara merata. Tunggu hingga benar-benar meresap. Lanjutkan bilas dengan pembersih muka.
  
Itulah beberapa cara tradisonal menghilangkan wajah berminyak yang dapat dilakukan dengan mudah dirumah. Jangan gegabah membeli kosmetik pabrikan. Selain lebih hemat, menggunakan cara tradisonal tidak menimbulkan efek samping.

Berlangganan untuk email update gratis: