12 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

12 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal
12 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal. Ginjal adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia, tubuh manusia memiliki dua ginjal dalam tubuh mereka dan memiliki fungsi untuk menyaring kotoran yang terdapat dalam darah kemudian dibuang dalam bentuk urin oleh tubuh. Fungsi ginjal ini sangat banyak sekali, bahkan jika manusia mengalami kerusakan ginjal bisa menimbulkan kematian pada dirinya.

Selain menyaring kotoran dalam darah, fungsi penting lain dari ginjal adalah menyeimbangkan kimia yang ada didalam tubuh manusia. Untuk itu menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting adanya. Untuk itu jagalah selalu kesehatan ginjal dengan menjaga kesehatan ginjal yang akan saya bahas disini. Tapi sebelum itu kita sedikit kupas tentang ginjal manusia.

Faktanya ginjal manusia terletak ada pada daerah dekat pinggang, untuk ukurannya satu buah ginjal manusia berukuran sekitar 10cm dengan berat kurang lebih 200gram. Ternyata ginjal juga memiliki fungsi untuk merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah, dan juga ikut menjaga mempertahankan kalsium tulang. Gimana udah tahu gimana pentingnya kan ginjal pada tubuh manusia, sekarang kita bahas 12 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal berikut ini :


Menjaga Kesehatan Ginjal

  • Menjaga tekanan darah anda
    Ternyata jika anda memiliki tekanan darah tinggi atau hiperetnsi juga bisa mempengaruhi kesehatan ginjal anda, karena kerja jantung yang semakin keras, jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang bisa menimgulkan kerusakan pembuluh darah.
      
  • Olahraga
    Cara paling mudah menjaga kesehatan ginjal anda adalah dengan cara sering berolahraga fisik secara teratur.
      
  • Atur pola makan anda
    Jika ginjal kita tidak bekerja terlalu keras maka ginjal kita juga akan terjaga. So saat berbelanja hindari pembelian makanan yang memiliki kandungan kimia terlalu tinggi, hindari makanan olahan, dan berlemak tinggi.
      
  • Banyak minum air putih
    Anjuran untuk meminum 2liter air perhari memang sangat penting untuk dilaksanakan, karena dengan begitu kondisi dan kinerja ginjal akan terjaga dengan baik, dan dapat pula membantuk menghindari penyakit batu ginjal yang disebabkan penumpukan metabolisme.
      
  • Menjaga gula darah
    Menjaga gula darah erat kaitannya dengan fungsi ginjal karena jika darah memiliki kandungan terlalu tinggi, maka akan memberatkan kerja ginjal untuk menyaring, jika terjadi dalam jangka waktu lama akan menimbulkan kerusakan ginjal secara permanen.
      
  • Hindari minuman beralkohol
    Terlalu banyak minum alkohol ternyata sangat tidak baik bagi kesehatan, terutama kesehatan ginjal, kandungan alkohol yang tinggi dalam darah akan memberatkan darah dalam menyaring dan membuangnya. Bayangkan jika terjadi dalam waktu lama, maka tak sedikit para pengguna alkohol terkena penyakit gagal ginjal.
      
  • Hindari stres
    Seperti yang ada pada poin pertama darah tinggi dapat menimbulkan kerusakan ginjal. Begitu pula stres yang mampu memicuk naiknya tekanan darah manusia juga berbahaya bagi kesehatan ginjal.
      
  • Kurangi rokok atau berhenti merokok
    Mengapa merokok berhubungan dengan ginjal? Karena para perokok memiliki aliran darah yang lebih lambat dibanding orang biasa. dan jika ini terjadi pada orang yang memiliki gangguan ginjal, maka kondisi ginjalnya pun akan ikut memburuk.
      
  • Hindari atau kurangi penggunaan obat antibiotik
    Jika ingin mengkonsumsi obat-obatan ini paling tidak anda harus mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter anda. Karena penggunaan tanpa pengawasan sangat membahayakan ginjal anda.
      
  • Hindari obesitas
    Kelebihan berat badan yang ditimbulkan oleh banyaknya lemak pada tubuh akan mengganggu beberapa organ dalam kita. Termasuk ginjal, semakin banyak lemak yang tertimbun ginjal akan semakin terdesak dan kondisi ginjal pun akan semakin tidak bagus.
      
  • Hindari makanan terlalu asin
    Mengkonsumsi makan terlalu asin ternyata dapat menyebabkan kerusakan ginjal, karena garam yang terlalu lama tertimbun di ginjal jika tidak terurai makan akan menimbulkan penyakit batu ginjal.
      
  • Istirahat cukup
    Apakah anda pekerja kantor yang terlalu sering duduk, usahakan untuk tidak terlalu lama duduk dan tidak terlalu capai, jika anda terlalu capai maka ginjal juga ikut kerja terlalu keras jika berlangsung lama akan membahayakan ginjal anda.
      
  • Periksakan kondisi ginjal
    Jangan lupa untuk rutin melakukan check up kondisi tubuh anda, walaupun terlihat sehat siapa tahu bisa mencegah penyakit. TIdak hanya penyakit ginjal, penyakit lain juga dapat terhindari jika anda sering melakukan check up kesehatan.
Gimana udah jelas belum nih dengan 12 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal anda? Mudah bukan untuk dipraktekkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua, terima kasih. Baca juga Manfaat buah mangga.

Berlangganan untuk email update gratis: